Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus

Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus

> Pembinaan dan Sosialisasi Jamsostek untuk Perangkat Desa


KALIWUNGU (28/5/2010) - Demi makin membaiknya kinerja pemerintahan desa dalam pelayanan masyarakat, jajaran Pemkab Kudus dalam hal ini dipelopori oleh Bagian Pemerintahan Desa Setda dan Kecamatan Kaliwungu, mengadakan pembinaan penyelenggaraan pemerintah desa yang digelar di aula balai desa Garung Lor pada Kamis (27/5)/2010) lalu.

Pada kesempatan ini, Bagian Pemerintahan Desa Setda Kab. Kudus yang diwakili oleh Arif Suwanto, S.Sos, MM menjelaskan tentang tugas dan tanggung jawab kepala desa beserta seluruh perangkatnya. Bukan hanya yang tercantum dalam Perda dan Perbup tentang Pemerintahan Desa, namun juga disampaikan tentang kreasi dan seni kepala desa dalam memimpin.

"Kepala Desa jangan hanya bekerja secara praktis di lapangan untuk melayani masyarakat. Tetapi, secara administrasi juga harus tertib, karena semua pekerjaan akan dipertanggungjawabkan," ujar Arif dalam paparannya.

Arif menambahkan, ada beberapa laporan kepala desa yang harus segera diselesaikan setiap berakhirnya tahun anggaran. Di antaranya adalah LPPD, LKPJ, Perkades RKP, dan yang paling penting adalah Pertanggungjawaban Anggaran tahun sebelumnya. Untuk itu koordinasi yang harmonis antara kepala desa, perangkat desa, dan BPD harus selalu harmonis dan sejalan.

Selain itu, Arif juga berpesan kepada seluruh perangkat desa untuk tetap loyal kepada kepala desa, karena top leader di desa adalah Kepala Desa. Meskipun ada beberapa sekretaris desa yang telah diangkat oleh Bupati menjadi PNS. Di sisi lain tanggung jawab sekdes dalam kepegawaian tetap kepada Bupati melalui Camat sebagai pengawas di lapangan.

Sebelumnya, Camat Kaliwungu Drs. Eko Hari Djatmiko, M.Si memaparkan perkembangan terkini yang terjadi di wilayahnya selain kegiatan-kegiatan yang telah diadakan sebelumnya. menurutnya, ini penting disampaikan karena setiap kegiatan ada evaluasi sebagai bahan perencanaan ke depan.

"Tahun 2010 ini, kami mengharapkan semua kepala desa bisa memimpin desanya menjadi makin baik. Tentunya harus didukung seluruh elemen masyarakat," kata Eko dalam laporannya.

Juga disampaikannya, jika tahun 2009 lalu telah mengadakan pameran untuk menggali potensi desa, tahun 2010 juga akan diadakan lagi dengan waktu yang lebih awal, mengingat pertengahan Agustus ini sudah memasuki bulan puasa.

Pada penutup sambutannya, Eko berpesan kepada seluruh kepala desa dan perangkat desa untuk tetap kompak dalam bekerja, sesuai peraturan yang ada. (ciz/klw)